Pertamina Melirik Gunung Selawah

cerita bumiku

Dalam perjalanan karirnya, pertamina yang selalu indektik dengan migas (minyak dan gas) siapa sangka ia akan banting setir ke arah panas bumi seulawah yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik bertenaga panas bumi. Kementerian ESDM menetapkan WKP Proyek Listrik Panas Bumi Seulawah mencapai 45.000 hektare dengan perkiraan daya listrik yang akan dihasilkan sekitar 160 Mega Watt (MW). 

Tidak salah kalau dosen geofisika unsyiah mengarahkan mahasiswanya untuk menguasai dan mendalami geothermal, agar nantinya para alumni alumni geofisika tersebut dapat ikut serta dalam mengembangkan Aceh dalam bidang eksplorasi dan pemanfaatan sumber daya alam.

Pelaksanaan proyek ini dibantu oleh KFw, sebuah lembaga perbankan dari Jerman. Untuk tahap eksplorasi, KFw memberikan dana hibah 7 juta Euro atau senilai Rp 90 miliar kepada Pemerintah Aceh.

Setelah tahapan eksplorasi panas bumi selesai dan hasilnya mengarah kepada penilaian ekonomis untuk dikembangkan, KFw akan memberikan pinjaman lunak senilai 56 juta Euro atau Rp 1,8 triliun dengan suku bunga sekitar 2,5-3,5 persen. Namun, pinjaman yang diberikan KFw hanya untuk menghasilkan daya listrik 55 MW dari perkiraan potensi awal sebesar 160 MW.

sumber: atjehcyber.net

No comments:

Post a Comment