Aplikasi Geophysicist di Android


cerita-bumiku.blogspot.com
Semakin hari zaman semakin canggih. Sekarang, siapapun uda bisa make alat walaupun tanpa alat yang sesungguhnya, yang mereka butuhkan hanyalah sebuah smartphone. Smartphone benar benar dapat membantu kita dalam mempermudah pekerjaan kita dilapangan.

Tapi ada hal yang perlu di ingat, jika kita membutuhkan akurasi data yang sangat teliti, maka gunakanlah alat yang sebenarnya. Karena smartphone bukanlah device yang tujuan utamanya diciptakan untuk membantu para geophysicist dilapangan.

Bagaimana cara kerjanya ? Beberapa developer android memanfaatkan Sensor yang terdapat pada smartphone untuk menggantikan tugas dari alat yang sesungguhnya. Semuanya kembali lagi ke Smartphone kita, Apakah smartphone kita memiliki sensor yang lengkap?

Anda dapat mengecek kelengkapan sensor pada android anda dengan menggunakan aplikasi Android Sensor Box

cerita-bumiku.blogspot.com
Dari 9 sensor, pada smartphone saya hanya terdapat 7 sensor, kecuali (temperatur sensor,dan pressure sensor). bagaimana cara saya mengetahuinya? ketika kita klik temperatur sensor maka akan muncul "Sorry, your device doesnt support the sensor "

Berikut Aplikasinya:

  • Klinometer adalah alat sederhana untuk mengukur sudut elevasi antara garis datar dan sebuah garis yang menghubungkan sebuah titik pada garis datar tersebut dengan titik puncak (ujung) sebuah objek. Aplikasinya digunakan untuk mengukur tinggi (panjang) suatu objek dengan memanfaatkan sudut elevasi. Dengan kata lain fungsi atau kegunaannya adalah untuk menentukan besar sudut elevasi dalam mengukur tinggi obyek secara tidak langsung.

cerita-bumiku.blogspot.com

  • Google Maps adalah sebuah jasa peta globe virtual gratis, Dapat membantu kita dalam memplot posisi, peta

cerita-bumiku.blogspot.com

  • Aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan Koordinat, agar lebih akurat, pastikan GPS anda dalam keadaan ON.

cerita-bumiku.blogspot.com

  • Altimeter adalah alat untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut.

cerita-bumiku.blogspot.com

  • Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. Casing metalic dapat mempengaruhi kompas, Jangan lupa untuk melakukan kalibrasi ulang

cerita-bumiku.blogspot.com

  • Aplikasi untuk survei pemetaan, lebih tepatnya survei GPS

  • simulasi pencatatan getaran seismik menggunakan sensor getaran pada smartphone

Untuk sekarang, cukup segitu dulu, Ntar kalo ada yang baru saya update lagi artikelnya,, 

semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment