Seismometer 3 Komponen

seismometer 3 komponen
Seismometer adalah suatu alat yang bertugas untuk mendeteksi  adanya penjalaran gelombang seismik yang terjadi di sekitar stasiun. dalam tugasnya mencatat gelombang gempa, seismometer ini dibagi menjadi 3  komponen, yaitu


Komponen Up(+) - Down(-) (UD)
 ~ yaitu komponen yang mendeteksi gelombang yang datang dari bawah atau atas(bukan berarti dari atas alat ya :3 , disini lebih dikenal dengan compresi dan dilatasi nya gelombang P)

Komponen North(+)  - South(-)(NS)
yaitu komponen yang mendeteksi gelombang yang datang dari arah utara dan selatan

Komponen East(+)  - West(-) (EW)
yaitu komponen yang mendeteksi gelombang yang datang dari arah timur dan barat

output seismometer 3 komponen
iris.edu
disamping itu, terdapat juga dua komponen lainnya, yaitu

Komponen Radial
~ yaitu komponen horizontal yang searah terhadap arah rambatnya

Komponen Transversal
~ yaitu komponen horizontal yang tegak lurus terhadap arah ray


Catatan Penting

~ Setiap gelombang P, SV, Reyleigh akan terekam pada  sensor komponen Utara – Selatan, Timur – Barat dan Atas – Bawah. Namun seandainya gelombang tersebut datang dari sudut 90º (arah timur) maka gelombang tersebut hanya terekam pada sensor komponen Timur – Barat, Atas – Bawah dan tidak terekam pada sensor komponen Utara – Selatan.

~ Setiap gelombang SH, dan Love akan terekam pada sensor komponen Utara-Selatan dan Timur-Barat serta tidak terekam pada sensor komponen Atas-Bawah. Namun apabila arah gelombangnya datang dari arah 90º (timur) maka gelombang tersebut cuma terekam pada sensor komponen Utara-Selatan.
sumber: ibnurusydy.com

Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Salam Sodara Razaq, terima kasih sudah memuat tulisan saya dalam blog anda. Kalau saya boleh minta, link sumbernya bisa dihidupkan sehingga memberikan kontribusi bagi pengelola blog Melek Bencana.

    ReplyDelete