Survei dan Pemetaan

cerita-bumiku.blogspot.com
Surveyor dan pemetaan - Survei dan pemetaan adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang tata cara pembuatan peta(kartografi)

Tujuan survey dan pemetaan tanah adalah mengklasifikasikan dan  memetakan tanah dengan mengelompokan tanah-tanah yang sama kedalam satu  satuan peta tanah yang sama
(Hardjowigeno, 2003), dan menurut Sutanto (2005)  laporan survey yang berisi keadaan fisik dan lingkungan lokasi survey, keadaan  tanah, klasifikasi dan interpretasi kemampuan lahan, serta saran/rekomendasi.

Menurut Rayes (2007) dalam survey tanah dikenal 3 macam metode  survey, yaitu metode grid (menggunakan prinsip pendekatan sintetik), sistem  fisiografi dengan bantuan interprestasi foto udara (menggunakan prinsip  pendekatan analitik), dan grid bebas yang merupakan penerapan gabungan dari
kedua pendekatan.

banyak orang yang menyebut begitu ( surveor dan pemetaan) untuk mata kuliah ini, padahal surveor itu sendiri adalah orangnya. orang yang melakukan survei. Hari ini adalah hari pertama kami masuk mata kuliah survei dan pemetaan. Satu hal yang menarik disini, pada pertemuan pertama ini di isi oleh dua orang dosen sekaligus, Pak Ibnu dan Pak Sugianto. Jarang jarang gitu, namun ternyata materinya dibagi menjadi dua, yaitu teori(2 sks) dan praktek (1 sks). jadi satu dosen mengurus satu materi.

hasil akhir dari studi ini adalah penyajian peta


No comments:

Post a Comment