Petrologi

kita aceh
Petrologi adalah sebuah bidang keilmuan geologi yang berfokus pada batuan. Petrologi berasal dari dua kata yaitu petro yang berarti batu dan logos yang berarti ilmu. Secara garis besar, petrologi adalah bidang keilmuan yang mempelajari asal, sejarah batuan.Terdapat tiga cabang petrologi, berkaitan dengan tiga tipe batuan, yaitu batuan beku, metamorf, dan sedimen.

Petrologi memanfaatkan bidang klasik mineralogi, petrografi mikroskopis, dan analisis kimia untuk menggambarkan komposisi dan tekstur batuan. Ahli petrologi modern juga menyertakan prinsip geokimia dan geofisika dalam penelitan kecenderungan dan siklus geokimia dan penggunaan data termodinamika dan eksperimen untuk lebih mengerti asal batuan.

Petrologi eksperimental menggunakan perlengkapan tekanan tinggi, suhu tinggi untuk menyelidiki geokimia dan hubungan fase dari material alami dan sintetis pada tekanan dan suhu yang ditinggikan. Percobaan tersebut khususnya berguna utuk menyelidiki batuan pada kerak bagian atas dan mantel bagian atas yang jarang bertahan dalam perjalanan kepermukaan pada kondisi asli.

No comments:

Post a Comment