Intercept time adalah metode menghitung kecepatan lapisan pada tiap tiap shot (Endshot 1, Center shot, dan Endshot 2) dengan memperkirakan data dari kecepatan dan waktu intercept yang telah didapatkan pada saat perhitungan velovity sebelumnya.
Perhitungan untuk setiap lapisan memiliki rumus berbeda. Ada perhitungan yang cukup panjang yang berasal dari hukum snellius untuk mendapatkan rumus berikut, namun disini saya hanya menulis kesimpulannya saja, yang secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut,
|
Intercept time untuk lapisan pertama (h1) |
|
Intercept time untuk lapisan kedua (h2) |
|
Intercept time untuk lapisan ketiga (h3) |
Menghitung Intercept Time di Winsism
Untuk melakukan perhitungan intercept time di winsism caranya sangat mudah, pertama, pastikan anda sudah melakukan langkah sebelumnya, yaitu menghitung kecepatan perlapisan.
ikuti langkah berikut:
- Setelah anda menghitung kecepatan perlapisan, Klik menu Processing > Intercept time depth computation
- kemudian, klik button Intercept T dibawah, \
- Shot Change geser kekanan (klik pada arah kanan sekali), lalu klik Intercept T lagi
- Ulangi langkah 2 dan 3 sampai Shot Change nya 5, kemudian klik Save.
Untuk melihat hasilnya,
- Klik tab Profile Parameters
- pastikan kita menggunakan Grid using shot point(intercept), lalu klik compute mini and maximum elevation
- Klik Display profile
No comments:
Post a Comment